Fungsi Protein Bagi Tubuh

Kali ini kita salin catatan tentang Fungsi Protein Bagi Tubuh

Secara garis besar fungsi protein bagi manusia adalah sebagai berikut:
1) Untuk membangun sel-sel jaringan tubuh manusia
Pertambahan berat badan dan pertambahan tinggi badan pada manusia, terutama pada bayi, sangat memerlukan protein untuk membentuk otot dan perkembangan jaringan-jaringan tubuh.
Dengan kata lain pertmbuhan dan perkembangan memerlukan protein dalam jumlah cukup. Apabila protein bayi tidak mencukupi kebutuhan, maka pertumbuhan dan perkembangan pada bayi akan terhambat.

2) Untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak atau aus
Sel –sel tubuh manusia tidak bersifat permanen. Supaya sel tubuh jumlahnya tidak berkurang, maka setiap sel yang rusak atau aus haruslah diganti dengan yang baru. Untuk mengganti sel-sel ini juga diperlukan protein. Hal inilah yang menyebabkan, orang dewasa pun yang sudah berhenti pertumbuhan tubuhnya masih tetap memerlukan protein.

3) Menjaga keseimbangan asam basa pada cairan tubuh
Hal ini berkaitan dengan kimia faal tubuh. Rekasi cairan tubuh adalah netral, jadi tidak asam dan tidak basa. Protein sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan ini. Protein berfungsi mengikat kelebihan asam dan basa dalam cairan tubuh, sehingga reaksi netral dari cairan tubuh selalu dapat dipertahankan.

4) Sebagai penghasil energi
Protein yang berasal dari sel-sel yang diganti tidak dibuang dan tidak pula digunakan dalam pembentukan sel tubuh baru.
Protein ini akan dibakar oleh tubuh dan sebagai hasilnya pembakaran tersebut didapatkan dalam bentuk kalori.
Protein merupakan bahan pembentuk jaringan baru yang selalu terjadi dalam tubuh. Pada masa pertumbuhan proses pembentukan jaringan terjadi secara besar-besaran, terutama terjadi pada masa kehamilan, dimana protein membentuk jaringan janin dan pertumbuhan embrio.

Protein juga menggantikan jaringan tubuh yang telah rusak dan perlu dirombak kembali sehingga terbentuk jaringan yang baru. Fungsi utama protein bagi tubuh ialah untuk membentuk jaringan baru dan mempertahankan jaringan yang telah ada.

Apabila protein dikonsumsi manusia, maka protein yang dikonsumsi tersebut akan terurai menjadi asam amino. Protein dalam tubuh manusia, terutama dalam sel jaringan, berfungsi sebagai bahan pembentuk membran sel, dapat membentuk jaringan pengikat misalnya kolagen dan elastin, serta membentuk protein yang inert seperti rambut dan kuku.

Protein juga berfungsi sebagai enzim, sebagai plasma (albumin), membentuk antibodi, serta dapat berfungsi sebagai bagian dari sel yang bergerak (protein otot). Kekurangan protein dalam waktu lama dapat mengganggu berbagai proses dalam tubuh dan menurunkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

ZAT GIZI YANG DIBUTUHKAN TUBUH

Selengkapnya tentang Belajar TEKNIK PERENCANAAN GIZI MAKANAN ..

Komentar

  1. Wiyung, Surabaya
    Loncat ke navigasi
    Loncat ke pencarian
    Wiyung
    Kecamatan
    Locator Kecamatan Wiyung di Kota Surabaya.png
    Peta lokasi Kecamatan Wiyung
    Negara Indonesia
    Provinsi Jawa Timur
    Kota Surabaya
    Pemerintahan
    • Camat Achmad Zaini, S.Sos., M.Si.
    Luas 12,46
    Jumlah penduduk 71.740 (2017) Sunting ini di Wikidata
    Kepadatan - jiwa/km²
    Desa/kelurahan 4

    Wiyung adalah sebuah kecamatan di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.
    Latar belakang

    Kecamatan ini dahulunya merupakan sebuah kawasan pertanian. Tetapi saat ini sebagian tanah yang dipakai untuk lahan pertanian telah digunakan untuk pembangunan kawasan perumahan dan komersial.

    Perumahan yang ada di Kecamatan Wiyung antara lain:

    Taman Pondok Indah
    Graha Sunan Ampel
    Pratama
    Pondok Rosan
    Babatan Pilang
    Babatan Mukti
    Babatan Indah
    Graha Sampurna

    Umumnya daerah pertanian di Kecamatan Wiyung masih ada walaupun kalah oleh pesatnya pembangunan kawasan perumahan dan komersial.

    Wiyung sekitar lima tahun terakhir umumnya jarang kebanjiran. Hal ini disebabkan di pinggiran jalan yang menghadap selatan terdapat semacam selokan yang cukup besar yang menampung air hujan di kala musim hujan. Di daerah ini juga terdapat satu pasar yang sudah bertahan cukup lama yaitu Pasar Wiyung, yang menjadi salah satu biang kemacetan di kawasan ini.
    Pembagian administratif

    Kecamatan Wiyung dibagi menjadi 4 kelurahan:

    Kelurahan Babatan
    Kelurahan Balasklumprik
    Kelurahan Jajar Tunggal
    Kelurahan Wiyung

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer