Fungsi karbohidrat bagi tubuh

Salinan catatan dari buku sekolah kali ini mengenai Fungsi karbohidrat bagi tubuh

Di dalam tubuh manusia karbohidrat berfungsi sebagai :

1) Menghasilkan energi
Karbohidrat merupakan zat makanan penghasil energi yang utama. Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Karbohidrat dalam tubuh berbentuk monosakarida, diedarkan oleh hati ke dalam sel-sel tubuh. Dengan adanya oksigen maka monosakarida teroksidasi dan dibawa oleh darah dari hati ke seluruh bagian tubuh .

Hasil dari oksidasi adalah panas atau kalori. Panas yang terjadi kemudian diubah oleh tubuh menjadi energi/tenaga untuk bergerak. Semakin banyak otot yang digerakkan, maka semakin banyak karbohidrat yang dibutuhkan.

2) Cadangan tenaga bagi tubuh
Jumlah karbohidrat dalam makanan yang kita konsumsi tidak selalu seimbang dengan jumlah karbohidrat yang diperlukan. Jika aktifitas sedikit dan konsumsi karbohidrat lebih banyak, maka akan terjadi kelebihan karbohidrat.

Kelebihan karbohidrat tidak dibuang begitu saja oleh tubuh, tetapi dapat disimpan. Kelebihan ini dapat digunakan sewaktuwaktu jika tubuh memerlukan. Oleh karena itu jika seseorang kurang mengkonsumsi karbohidrat sementara aktifitas meningkat, maka kebutuhan tubuh akan karbohidrat dapat dipenuhi dari cadangan.

Namun hal ini hanya bersifat sementara. Jika berlangsung dalam waktu lama, maka akan terjadi defisiensi zat gizi yang berdampak pada munculnya penyakit tertentu. Kekurangan karbohidrat dalam waktu yang lama memaksa tubuh untuk mengambil cadangan energi yang berasal dari lemak dan protein. Jika hal ini terus berlangsung tanpa ada upaya pencegahan makan cadangan protein dan lemak akan semakin berkurang. Ini dapat membahayakan kesehatan pada manusia.

Namun jika terjadi penumpukan cadangan karbohidrat, juga tidak dapat dibiarkan. Kelebihan karbohidrat akan tersimpan dalam bentuk lemak di bawah jaringan kulit. Jika hal ini dibiarkan dapat menyebabkan terjadinya kelebihan berat badan yang menimbulkan kegemukan atau obesitas.

3) Memberikan rasa kenyang
Salah satu kelebihan dari karbohidrat adalah volume yang besar. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan selulosa di dalam bahan makanan. Volume makanan yang besar ini dapat memberikan rasa kenyang.

Selengkapnya tentang Belajar TEKNIK PERENCANAAN GIZI MAKANAN ..

Komentar

  1. Gubeng, Surabaya
    Loncat ke navigasi
    Loncat ke pencarian
    Gubeng
    Kecamatan
    Locator Kecamatan Gubeng di Kota Surabaya.png
    Peta lokasi Kecamatan Gubeng
    Negara Indonesia
    Provinsi Jawa Timur
    Kota Surabaya
    Pemerintahan
    • Camat Drs. Budi Hermanto, M.Si.
    Luas 7,99
    Jumlah penduduk 142.527 (2017) Sunting ini di Wikidata
    Kepadatan - jiwa/km²
    Desa/kelurahan 6
    Pemandangan jalan di Gubeng di sekitar tahun 1920

    Gubeng adalah sebuah kecamatan di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.
    Pembagian administratif

    Kecamatan Gubeng dibagi lagi menjadi beberapa kelurahan, yaitu:

    Kelurahan Gubeng
    Kelurahan Mojo
    Kelurahan Airlangga
    Kelurahan Pucangsewu
    Kelurahan Kertajaya
    Kelurahan Barata Jaya

    Perhubungan
    Di Kecamatan Gubeng terdapat sebuah stasiun kereta api terbesar di Jawa Timur dan salah satu yang terbesar di Indonesia, yaitu Stasiun Surabaya Gubeng.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer