Pengawetan Daging - Membuat Tahan lama

Pengawetan terkadan diperlukan untuk menjaga agar produk tahan lama. Sisa produk yang belum diolah atau belum dikonsumi, atau dari hasil produk yang banyak atau dalam jumlah besar, atau untuk pengiriman luar negeri, pengawetan diperlukan.
Mengenai Cara Menyimpan Daging bisa dilihat di sini untuk bisa dipelajari.
Tentang pemesanan bahan daging segar bisa via WA di kontak yang ada di halaman website ini.
Al Anwar Farm adalah peternak kambing dan jagal kambing yang menyediakan daging kambing segar untuk keperluan Anda.  

Membuat Daging Tahan lama/Pengawetan
Daging dapat dibuat tahan lama dengan cara dkeringkan, diasap, digarami diberi gula dan bahan-baha berbumbu dan cuka. Adapun cara membuat daging tahan lama adalah dengan cara :

1. Diasin; Daging yang diasin hasilnya dapat disimpan selama 6 bulan, karena bakteri tidak dapat berkembang biak dalam air garam. Caranya ada yang diberi garam secara langsung dan ada pula yang drendam dalam air garam.

2. Diasap; Pengasapan yang asli dilakukan dengan menggunakan kayu yang banyak menghasilkan asap dan aroma. Asap meresap kedalam daging, sehingga mempunyai daya membuat tahan lama, karena bakteri-bakteri tidak dapat berkembang. Hasil daging asap contohnya ham dan lidah asap.

3. Dikeringkan; Metode pengeringan dengan pegeringan dingin (freeze dryng). Di Indonesia pengeringan cara ini belum lazim digunakan. Pengeringan yang banyak digunakan adalah pengeringan dengan cara dijemur, misalnya dendeng sapi.

4. Disterilisasi; Daging yang dikalengkan dapat berbentuk setengah padat. Bahan makanan ini siap pakai. Dalam
pengalengan operasi pengolahannya ditandai dengan penggunaan panas baik sebagai panas pedahuluan maupun sterilisasi. Dalam pengalengan yang penting penghilangan oksigen agar bahan tidak mengalami perubahan yang dikenal sebagai exhausting dan vakumisasi. Contoh corned beef.

5. Diawetkan dalam cuka; Biasanya daging yang diawetkan dalam cuka adalah isi perut dan dibuat acar. Cuka yang dipergunakan adalah cuka yang sudah dicairkan, supaya daging tidak menjadi terlalu lunak.


Selengkapnya >> tentang PENGOLAHAN HIDANGAN UTAMA DARI DAGING

Komentar

Postingan Populer

Aqiqoh dan Catering