Menu Individu, Kelompok Tertentu dan Acara Khusus


Untuk saat ini mari kita pelajari beberapa menu yang disajikan khusus untuk individu ataupun kelompok tertentu dan acara-acara khusus.

1) Children menu, adalah menu yang khusus disiapkan untuk anak-anak.
Menu ini biasanya lebih simple cara penyajiannya dan porsi serta ukurannya relatif kecil, serta mudah cara memakannya. Selain itu children menu juga disajikan dengan lebih kreatif, disamping tujuannya untuk memenuhi kebutuhan anak akan makanan tetapi juga untuk merangsang nafsu makan anak. Menu dihiasi dengan bentuk yang menarik dan sesuai dengan umur anak, baik dari segi cita rasa, tekstur maupun bentuk dan cara penyajiannya.

Nasi tim, bubur dan nasi putih lengkap protein dan sayurnya
 
Gambar Menu khusus anak-anak

2) Senior Citizens menu, menu ini khusus disajikan untuk para manula.
Biasanya menu lebih simple dalam penyajian, porsinya kecil dan citarasa yang lebih sederhana. Menu ini juga disajikan dengan mempertimbangkan bentuk serta tekstur dari makanan, sehingga membuat mereka mudah untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

Bubur menado, sop sayur dan juice buah
 
Gambar Menu khusus manula

3) Room service menu, adalah menu yang disiapkan khusus untuk melayani pesanan makanan yang diantarkan ke ruang-ruang khusus seperti kamar, kantor, swimming pool. Menu ini juga merupakan menu-menu yang praktis dan tidak memakan waktu lama dalam proses pengolahannya. Menu ini dapat berupa makanan lengkap ataupun juga dapat berupa makanan porsi dan dapat berupa roti dan kue-kue serta minuman.

Gambar Menu khusus diantar ke ruangan

4) Take out menu, adalah menu yang disiapkan khusus untuk dibawabawa,
apakah bagi pembeli yang tidak makan langsung di restoran
ataupun bagi kita di rumah sebagai bekal untuk makan di suatu
tempat, seperti sekolah, kantor atau tempat wisata sekalipun.

 
Gambar Menu khusus dibawa-bawa

5) Party of function menu, adalah menu yang disajikan untuk pesta
atau acara-acara khusus.

6) Employee menu, menu yang khusus disediakan untuk karyawan di
perusahaan tertentu.

7) Etnic menu, adalah menu yang berciri khas suatu daerah maupun negara tertentu. Seperti misalnya di nusantara ada makanan Sunda, Jawa, Padang, Manado dan lain sebagainya. Demikian juga untuk Intersnasional, dikenal dengan makanan China, Jepang, Italia maupun Perancis.

8) Hospital menu, adalah menu yang disajikan untuk pasien di rumah sakit. Menu ini ada yang untuk makanan pasien secara umum maupun menu yang dibuat khusus sesuai dengan diet pasien berdasarkan jenis penyakit.

Gambar Menu untuk pasien di rumah sakit

Susunan Menu

Belajar MENYAJIKAN MENU : Pergertian, Macam

Selengkapnya tentang Belajar MENU PATISERI : PASTRY, CAKE, KUE, ROTI, CANDY, COOKIES, PUDDING, DESSERT


Komentar

Postingan Populer