Daging Sebagai sumber protein

Daging Sebagai sumber protein
 Yang termasuk golongan ini adalah, daging sapi, daging kambing, daging babi, daging ayam, dan bagian-bagian dari tubuh hewan tersebut seperti otak dan jeroan. Protein yang terdapat dalam daging hewan ini susunannya hampir sama dengan susunan protein yang terdapat dalam tubuh manusia.
 

Gambar  Daging

Sebagai makanan, daging memberikan protein setara lemak. Jumlah lemak yang terdapat dalam dging tergantung pada jenis hewan dan iklim ditempat hewan itu hidup. Daging babi misalnya, lebih banyak mengandung lemak dari pada daging sapi. Hewan-hewan yang hidup di daerah yang berklim dingin umumnya lebih banyak mengandung lemak jika dibandingkan dengan hewan-hewan yang hidup di daerah yang beriklim tropis.

Satu hal yang mempengaruhi jumlah protein yang dapat diambil tubuh dari bahan makanan ini ialah adanya jaringanjaringan.
Ikat dalam daging sehingga enzim tidak dapat masuk keseluruh bagian sel-sel daging untuk memecah protein agar dapat diserap oleh usus.

Pemasakan daging dengan temperatur yang cukup akan memperbaiki daya cerna protein ini. Tetapi sebaliknya apabila dimasak terlalu lama dengan temperatur yang terlalu tinggi akan menyebabkan daging itu menjadi lebih sukar dicerna.
Kadar protein dalam macam-macam daging dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel Kadar protein dalam daging.
Jenis daging  - Kadar protein   - Kadar lemak
Daging sapi kurus 20 gram 5 gram
Daging sapi gemuk 19 gram 24 gram
Daging babi 16 gram 16 gram
Daging kambing 17 gram 10 gram
Daging ayam 20 gram 5 gram
Daging itik 20 gram 5 gram
Dendeng daging 55 gram 9 gram
Hati sapi 20 gram 4 gram

Sumber: Syamien Moehji (1999)


Komentar

Postingan Populer

Aqiqoh dan Catering