Hidangan Sayur dan Sayuran Pada Menu Indonesia

Tulisan ini juga diambil dari catatan dari buku sekolah. Diharapkan berguna bagi para pengunjung untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang bermafaat. Mengenai informasi catering dalam hal pemesanan dan menu yang disediakan bisa via WA ke 0821 4003 1207. Demikian juga mengenai kebutuhan kambing untuk aqiqah dan qurban serta daging kambing segar langsung dari peternak dan disembeli sesaat akan dikirim ke tempat Anda. Susu kambing juga bisa Anda pesan dalam kondisi fresh.

Hidangan Sayur dan Sayuran Pada Menu Indonesia
Ada beberapa hal yang membedakan antara sayuran pada menu asing maupun sayuran pada menu Indonesia. Perbedaan tersebut diantaranya adalah pada jenis, teknik olah maupun teknik penyajiannya. Namun demikian pada beberapa hal tetap mempunyai prinsip dan teknik yang sama misalnya teknik pengolahan sayuran yang baik/tepat dan teknik penyimpanannya.
Pada hidangan Indonesia dibedakan antara sayur dan sayuran. Sayur adalah suatu hidangan berkuah yang merupakan kelengkapan nasi. Namun demikian sayur dapat dimakan dengan atau tanpa nasi. Bahan utama yang digunakan adalah sayuran dan kacang-kacangan. Bahan cair yang dapat digunakan adalah air, kaldu dan santan. Untuk isi dapat ditambahkan bahan lain seperti daging, ayam atau produk makanan lain bukan sayuran. Sayuran adalah masakan atau hidangan yang berasal dari sayuran sebagai bahan pokok, tidak berkuah dan dapat digunakan sebagai pelngkap nasi.

Hidangan sayur dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok besar yaitu:
1. Sayur yang menggunakan kuah air atau kaldu. Sayur jenis ini dapat digunakan sebagai hidangan pembuka seperti  halnya sup pada hidangan asing, misalnya: sayur bening, sayur asam, sayur menir, sayur bence dll.
2. Sayur yang menggunakan kuah santan. Santan yang diperguakan bervariasi dari yang encer/cair hingga yang kental. Jenis sayur ini adalah sayur lodeh, sayur bobor dll.
Hidangan sayuran dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
1. Hidangan sayuran mentah. Contoh hidangannya antara lain: lalap mentah, karedok, asinan dan terancam.
2. Hidangan sayuran masak. Contoh hidangannya antara lain: lalap masak, urapan atau gudangan, pecel dan buntil.
3. Hidangan sayuran masak dan mentah. Contoh hidangannya antara lain: Gado-gado, rujak petis, rujak cingur, tahu guling, ketoprak.

Selengkapnya >> tentang MENGOLAH DAN MENYAJIKAN HIDANGAN DARI SAYURAN DAN TELUR

Komentar

Postingan Populer

Aqiqoh dan Catering